Artikel

Merangsang Bayi Berbicara

Balita sedini mungkin harus dilatih untuk berbicara, karena sang anak tidak dapat dengan sendiri melakukan percakapan tanpa adanya rangsangan dari orang-orang di sekitarnya. Nah, rangsangan berbicara pun dapat dilakukan dengan seintensif mungkin mengajaknya berinteraksi dengan mendengar apa yang diucapkan dan melihat apa yang dilakukan, maka anak akan cepat menyimpan hal tersebut ke dalam memorinya.

– Mendengarkan musik pada anak juga dapat memicu cepatnya anak berbicara, apalagi bila lagu yang didengarkan terus diulang, maka selain anak menghafalkan lantunan nada sebuah lagu, anak juga dapat cepat berbicara.

– Bacakan sebuah dongeng  untuk sang balita, maka anak akan terbiasa untuk mendengar.

– Selalu luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak, saat bangun tidur, saat beraktivitas ataupun saat mau tidur. Dalam mengucapkan sebuah kata maka anda harus mengucapkan secara lantang, jelas, dan perlahan, supaya anak mudah mengerti apa yang diucapkan.

– Carilah sebuah kata yang mudah diingat dan dipahami oleh sang anak, agar anak dapat cepat menghafalnya.

– Ajak anak mengelilingi daerah rumah Anda dan kenalilah sang anak pada nama-nama benda yang ada disekitanya, dengan hal tersebut, maka kemampuan mengingatnya semakin meningkat serta anak akan mengulang dan mengucapkannya, lakukan hal ini secara rutin. Semua ini bukan paksaan untuk sang balita cepat berbicara, namun setidaknya Anda dapat merangsangnya untuk berbicara, agar tidak terlambat untuk sang anak dalam melakukan sebuah komunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *